Warga Karangagung Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Sekitar 150 masyarakat Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mengikuti kegiatan “Ayo Kelola dan Kurangi Sampah Plastik” didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan mitra Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan (LPTP), Kamis (26/12/2019).

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi generasi muda untuk peduli lingkungan lewat pengelolaan sampah ini turut dihadiri oleh Kabid Kemitraan Konservasi dan Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tuban, Aizah Tisinawati, serta Kepala Desa Karangagung, Aji Wiyoto.

“Kami sangat mengapresiasi program pengelolaan sampah di Desa Karangagung, itulah mengapa Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan penghargaan di bidang pelestarian lingkungan untuk EMCL pada ‘CSR Award Kabupaten Tuban’ tahun 2019”, ujar Aizah.

Sebagai upaya peningkatan kualitas sanitasi melalui pengelolaan sampah di Desa Karangagung, EMCL atas persetujuan SKK Migas, membentuk sekolah lapang pengelolaan sampah sejak tahun 2017.40 orang kader lingkungan dan 5 Bank Sampah telah terbentuk dari program ini, yang berada dibawah naungan Pusat Pelayanan dan Pengelolaan Sampah Terpadu (P3ST) Bestari sebagai bagian usaha pengelolaan sampah secara swadaya oleh masyarakat.

Aji Wiyoto, Kades Karangagung turut menyampaikan apresiasinya. “Kami berterimakasih kepada EMCL yang telah melaksanakan program pengelolaan sampah di desa kami sejak 3 tahun terakhir," ujarnya.

Sejak 2017, kegiatan pengelolaan sampah telah digalakkan di Desa Karangagung, untuk mengurangi tumpukan sampah yang dapat mengganggu ekosistem laut – dikarenakan desa ini bertempat di wilayah pesisir.

Sementara itu, Rifqi Romadhon, perwakilan EMCL menyatakan bahwa pihaknya optimis akan keberlanjutan upaya pengelolaan sampah di Desa Karangagung.

“Sebagai operator Lapangan Banyu Urip, yang wilayah operasi nya mencakup Kabupaten Tuban, kami berkomitmen terhadap pengembangan masyarakat dalam pilar kesehatan dan ekonomi,” ujar Rifqi. “Program pengelolaan sampah telah berjalan baik dengan dukungan masyarakat Karangagung dan semoga perekonomian dapat terbantu lewat adanya bank sampah selain membantu kelestarian dan kebersihan lingkungan,” tutupnya. [col]