blokBeli.com Peluang Pemasaran untuk UMKM di Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Perang dagang era digital seperti sekarang ini semakin membuka lebar pintu peluang pelaku pasar umum. Tak terkecuali para pengusaha kecil menengah dan mikro yang ada di desa-desa.

Adanya jaringan teknologi yang berkembang dengan aneka inovasi, sudah pasti bakal membantu aktivitas mobilisasi pedagang global. Tentunya jika masyarakat mau mengoptimalkan peluang yang ada. Termasuk datangnya e-commerce blokBeli.com, yang menyasar peluang pasar produk UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Pasca dilakukan soft launching pada 19 Oktober 2019 lalu, blokBeli.com yang merupakan anak perusahaan Media Grup (BMG) mendapat aneka tanggapan positif dari masyarakat umum. Seperti yang dikemukakan oleh Camat Rengel, Eko Wardhono.

"Hadirnya blokBeli sebagai penunjang dan wadah UMKM masyarakat, tentu kita sambut dengan gembira. Kita dukung, karena ke depan akan semakin mempermudah arus perekonomian masyarakat, khususnya pelaku udaha yang ada di Kecamatan Rengel," kata Camat Rengel kepada blokTuban.com.

Ditambahkannya lagi, mengingat Kecamatan Rengel punya banyak pelaku UMKM seperti kerajinan tangan, olah makanan, hingga produk pertanian, blokBeli.com bisa mencakup semua aspek tersebut dengan satu wadah skala lokal tanpa perantara.

"Semoga nanti bisa mewadahi UMKM yang ada, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Ketua PKK Kecamatan Soko, Ani Suwito. Menurutnya dengan blokBeli.com, pelaku usaha kecil menengah bidang lebih fokus terhadap kualitas produk. Tanpa khawatir kehilangan pasar jual.

Pihaknya mengaku, selama ini pelaku kreatif terlebih pada produk unggulan desa, baik bidang kuliner, olah barang benda kreatif, juga penyedia jasa, cukup kesulitan dalam hal pemasaran produknya.

"Diharap dengan adanya blokBeli.com sebagai e-commerce, bisa mempermudah akses penjualan produk olahan desa, kerajinan, serta jasa masyarakat Kecamatan Soko," tandas istri Camat Soko itu.

Sebatas diketahui electronic Commerce (e-Commerce) blokBeli.com sudah dilakukan soft launching pertengahan bulan Oktober 2019 lalu. Potongan tumpeng dari CEO/Founders BMG, M. A. Qohhar kepada Direktur blokBeli.com Sikha Khoirunnisa', menjadi saksi langkah awal blokBeli.com dalam keikutsertaan memasarkan produk UMKM dan jenis jasa lain skala lokal.

Seperti dilansir pada laman blokBojonegoro.com, CEO BMG mengaku bahwa ide pertama membuat e-commerce blokBeli.com adalah karena sejauh pemasaran barang dan jasa skala lokal masih menjadi kendala.

"Semoga blokBeli.com bisa turut serta memberikan sumbangsih untuk usaha lokal,” kata CEO yang sekaligus Founders BMG, Muhammad A. Qohhar. [feb/col]