16:00 . Akhir Pekan, Cabai Keriting dan Rawit Tuban Turun   |   15:00 . Dahaga Pedagang Sapi Tuban Terobati, Berharap Ekonomi Pulih   |   14:00 . Resmi Dibuka Hari Ini, Pasar Hewan Tuban Diserbu Penjual Sapi Lokal dan Luar Kota   |   13:00 . Peringatan Dini 3 Harian : Waspada Angin Kencang di Tuban, Bojonegoro dan Lamongan   |   12:00 . Mantan CEO Arema Ajak Ringankan Beban Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Malang   |   11:00 . YLBH Minta Negara Bertanggung Jawab Atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang   |   10:00 . Sang Penjaga Bumi   |   09:00 . Lirik Lagu 'Teteg Ati' dan Chord - Happy Asmara Trending di Youtube   |   08:00 . 3 Amalan Sambut Maulid Nabi, Wujud Cinta Terhadap Rasullah SAW   |   07:00 . Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS   |   06:00 . Bukit Lei Resmi Jadi Venue Paralayang Kedua di Tuban, Langsung Dipakai Liga Jatim Seri II   |   05:00 . Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, 127 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia   |   19:00 . Ribuan Masyarakat Padati Festival Bakar Ikan di Tuban   |   18:00 . Peringati Hari Jadi Tuban ke 729, Kecamatan Jenu Bakar 7.290 Ekor Ikan   |   15:00 . Per 1 Oktober 2022 Pertamina Turunkan Harga BBM Pertamax   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

bloktuban.com | Saturday, 02 November 2019 09:00

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan murid yang tergabung dalam ekskul jurnalistik Majalah Blantika Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rengel Tuban, hari ini mendapatkan materi news dalam Pendidikan latihan dasar (Diklatar)jurnalistik, Sabtu (2/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu ruang pembelajaran ini, diisi oleh pemateri tunggal dari Asosiasi Media Siber Indonedia (AMSI) Jawa Timur Korda Mataraman M. Abdul Qohhar.

"Kita lebih fokus dulu pada penulisdan news, atau berita langsung. Karena news ini penting untuk membiaskan bagaimana menulis yang baik dan benar," kata pemateri yang akrab disapa Koko itu.

Jika dalam penulisan berita langsung atau news sudah benar, maka kedepan siswa bakal melakukan aktivitas menulis yang baik pula. Kuncinya menulis berita news, adalah harus benar terlebih dulu cara menulisnya.

‎Lelaki yang juga merupakan CEO Blok Media Group (BMG) ‎ini menjelaskan, kunci dasar jurnalistik ada 3, yakni dengan kata COS. COS sendiri merupakan rangkuman huruf dari poin Cari, Olah dan Saji.

"‎Pertama Cari. Mencari data dengan teknik penggalian, baik wawancara dan observasi," terangnya.

‎Setelah mencari dan mendapatkan data, proses lanjutan membuat berita adalah mengolahnya. Olah data yang masuk ke dapur redaksi, bila sudah layak menjadi naskah utuh akan disajikan dalam bentuk berita media masing-masing.

"Akhirnya, bisa menyajikan berita yang sudah diolah.‎ Kalau di SMA Negeri 1 Rengel ya dalam bentuk Majalah Blantika‎," lengkap Dosen STIKes ICsada Bojonegoro tersebut.

Selain memberikan materi tentang berita news, para siswa saat awal pembukaan Diklatsar juga diberikan pemateri gambaran ‎pengertian perihal aspek penting dalam sebuah pemberitaan. Yakni penjabaran ruang lingkup opini melalui media selembar kertas.

‎Tak kurang dari 30 siswa anggota ekskul Jurnalistik dihimbau agar melipat kertas seusai keinginannya masing-masing. Kemudian sejumlah lipatan tadi diinstruksikan untuk disobek di beberapa bagian. Tentu dengan keinginan maupun selera masing-masing.

Alhasil, setelah lipatan kertas yang telah disobek oleh mereka ‎dibuka, terdapat sejumlah pola dan lubang yang bebeda pada masing-masing. Inilah yang kemudian ditangkap siswa, bahwa opini adalah suatu perspektif tak tentu terkait hal‎ satu dengan lainnya. [feb/rom]

Tag : sman rengel, belajar, diklat jurnalistik, jurnalis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat