Semarakkan HUT Ke-74, Polres Adakan Lomba Hias Gapura 20 Polsek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), Polres Tuban menggelar lomba Hias Gapura yang di ikuti oleh 20 polsek di wilayah hukum setempat. Kegiatan tersebut disambut meriah oleh jajaran polsek dengan menghias gapura merah putih di pintu masuk. Jajaran Polsek membuat dan mendesain gapura polsek secantik mungkin untuk menjadi juara.

"Perlombaan ini untuk memerihkan dan menggelorakan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia,” terang Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono di dampingi Wakapolres dan para pejabat utama Polres Tuban, Jumat, (16/8/2019).

Menurut Kapolres, dalam perlombaan ini diambil tiga polsek terbaik dalam menghias gapura. Semua dilakukan dengan tujuan menggelorakan tema yang telah diusung Presiden Republik Indonesia.

“Perlombaan ini merupakan perintah bapak Kapolda Jatim untuk menggelorakan, memerihkan, dan memviralkan. Bagaimana sumber daya manusia yang unggul untuk membawa Indonesia maju, itu yang utama. Termasuk Polres jajaran juga dinilai dari tim Polda,” tegas AKBP Nanang Haryono.

Lebih lanjut, hasil dari penilaian tim juri yang dilakukan hari ini, polsek yang meraih nilai paling tinggi adalah Polsek Senori di bawah kepemimpinan AKP Musa Bakhtiar. Dengan raihan skor 586.

Untuk peringkat kedua diraih Polsek Rengel dibawah kepemimpinan AKP Yani, meraih skor 566. Juara ketiga Polsek Tambakboyo dengan Kapolsek AKP Rukimin, skor 547.

“Itu yang terbaik dari polsek jajaran Polres Tuban, dan polsek yang mendapat nilai jelek akan mendapatkan punishment, dan masih kita atur regulasinya,” jelas Kapolres.

Sementara itu dijelaskannya, untuk kriteria penilaian perlombaan yang jadi bahan pertimbangan juri, diantara relevansi dengan tema kemerdekaan RI tentang Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju. Serta dinilai terkait semangat gotong royong, kreativitas ide, kebersamaan, dan lain sebagainya.

“Indikator penilaian ada kreativitas, gotong royong, kebersamaan, dan lainnya,” imbuh Kapolres Tuban.

Diketahui, gapura yang diperlombakan akan terpasang satu bulan ke depan. Diharapkan mampu untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa.

“Gapura hias terpasang satu bulan. Kami Polres Tuban ikut menggelorakan dan ikut membantu Indonesia maju dengan sumber daya manusia yang unggul,” pungkasnya.[hud/col]