12:00 . Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian   |   10:00 . Relawan Tambakboyo Tuban Galang Bantuan Korban Erupsi Semeru   |   07:00 . Gejala Infeksi Luka Jahitan yang Wajib Diketahui dan Cara Menanganinya   |   20:00 . Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Gunung Semeru 500-800 Meter   |   19:00 . Kelompok Informasi Masyarakat Tersosialiasi di 11 Kecamatan Tuban   |   18:00 . Puluhan Menu Tersaji di Festival Masakan Khas Tuban, Wakili Sisi Utara, Tengah dan Selatan   |   17:00 . Langkah Pemerintah Deteksi Omicron, Testing dan Tracing Perjalanan Internasional   |   16:00 . WHO Jelaskan Omicron, Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Panik   |   12:00 . All Out Dukung Tim Kebanggaan, Suporter Persatu Tuban Adakan Gerakan Penggalangan Dana   |   11:00 . Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional¬†   |   10:00 . Pindah Tugas ke Banda Aceh, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon Pamitan   |   08:00 . Pengelolaan JDIH Tuban Masuk 10 Besar Terbaik Nasional   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   20:00 . Pekerja yang Bekerja di Harus Terapkan Sistem Perlindungan   |  
Sun, 05 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

63 Pejabat Pemkab Tuban Dites Urine

bloktuban.com | Wednesday, 27 February 2019 09:00

63 Pejabat Pemkab Tuban Dites Urine

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 63 Pejabat Pemkab Tuban terdiri pimpinan OPD, eselon 2 dan 3 dites urine di depan rapat Setda lantai 1. Kegiatan rutin ini bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban.

Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana menjelaskan, tes urine merupakan kegiatannya BNNK dalam rangka memberdayakan masyarakat di hari anti narkoba. Di tahap awal ini eselon 2 dan 3 yang menjadi sasaran utama, diharapkan dilanjutkan ke bawahannya.

"Ini rutin kami lakukan supaya pejabat pemkab bebas narkoba," ujar Budi Wiyana, kepada blokTuban.com, Rabu (27/2/2019).

Dalam birokrasi posisi OPD, eselon 2 dan 3 sangat penting dalam rangka memerangi obat-obatan terlarang. Jika sudah clear, maka sangat mudah mentrasnformasi pengetahuan dan mengajak stakholdernya untuk sama-sama menjauhi narkoba.

"Semisal Disparbudpora punya stakholder seniman dan lainnya," sambung birokrat asal Nganjuk ini.

Mindset masyarakat juga lebih percaya dengan pejabat publik, jika benar-benar bersih dari narkoba. Sebaliknya jika ada pejabat yang positif, tentunya akan menjadi kendala saat sosialisasi.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menambahkan, secara lisensi penyalahgunaan narkoba merupakan penyakit kronis otak. Bukan orangnya yang harus dijauhi, tapi penyakitnya yang harus disembuhkan.

"Kita juga mengedepankan azas keseimbangan antara mana yang diobati dan mana yang direhabilitasi," sambungnya.

Itulah marwah dari BNNK, karena dalam Pasal 55 UUD 1945 pengguna narkoba harus diobati. Tes urine ini salah satu instrumen pencegahan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kegiatan ini juga bukan dalam rangka hukum. Ini sifatnya pencegahan dan menggugah kesadaran bersama, bahwa narkoba adalah musuh kita bersama.

"Hasilnya besok baru kita rilis ke media," terangnya.

Camat Kerek, Sugeng Purnomo sebagai salah satu peserta tes urine menyambut baik kegiatan BNNK. Tes ini menjadi komitmen bersama, bahwa pejabat publik berkomitmen untuk bebas obat terlarang.

"Bagus kegiatan ini, karena sebagai deteksi dini," pungkas mantan Camat Senori ini. [ali/rom]

Tag : tes urin, narkoba, pemkab, pejabat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more