Puluhan Warga Semanding Buru 'Enthung' Untuk Dimasak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemandangan berbeda nampak di Hutan Jati turut Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Di area hutan jati yang luas tersebut nampak puluhan warga sedang berburu kepompong ulat jati di semak-semak, Senin (10/12/2018).

Mereka memburu kepompong tersebut untuk dimasak dan dijadikan lauk makan. Bahkan tidak sedikit pula hasilnya dijual kepada warga yang kebetulan melintas dengan harga Rp60 ribu perkilogram.

Dari pantauan blokTuban.com, para pemburu kepompong itu tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Namun, beberapa di antaranya adalah anak-anak dan orang tua juga ikut berburu kepompong untuk dimasak.

"Ini baru hari pertama mencari 'Enthung', tadi berangkat bersama anak dan cucu," terang Sumerep (60) warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang saat ditemui blokTuban.com.

Menurut Sumerep, mencari entung kali ini dia bersama anak dan cucunya tersebut berangkat sejak pagi pukul 07.00 WIB sampai nanti menjelang waktu salat dhuhur. "Ini sudah hampir dapat setengah kilogram, lumayan," imbuh Sumerep.

Sementara itu, warga lain, Ngatemi (45) mengatakan, hasil mencari enthung ini akan dimasak sendiri untuk dijadikan lauk makan pada sore nanti.

"Saya masak sendiri, nanti saya goreng," jelas Ngatemi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Samporno, dia mengaku sudah sejak pagi berburu Enthung dan jika nanti ada yang menawar dengan harga yang sesuai juga akan dijual.

"Ini baru pertama ikut mencari enthung, nanti ini buat lauk makan, kalau ada yang beli ya silahkan" pungkas pria bertubuh dempal itu. [hud/rom]