P4GN Masuk Kurikulum Sekolah di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Upaya memerangi dan menekan peredaran Narkoba di Kabupaten Tuban terus dilakukan. Aneka kegiatan seperti Desiminasi informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pun juga dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban di semua elemen, agar barang laknat ini bersih dari Bumi Wali.

Tidak hanya itu, untuk membentengi pelajar di Tuban, materi P4GN kini juga dimasukkan dalam kurikulum sekolah di Tuban. Hal itu dibuktikan dengan adanya penandatanganan MOU kurikulum P4GN terintegrasi SMP/MTs dan SMA/MA.

"Alhamdulillah merupakan kebanggaan bagi kami hari ini dan menjadi tanggung jawab besar ke depan," kata Kepala BNNK Tuban, I Made Arjana usai penandatanganan nota kesepahaman di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Selasa (2/10/2018).

Arjana menyebutkan, tujuannya dilibatkan sekolah dalam kegiatan P4GN untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran siswa dan warga sekolah terhadap penyalahgunaan Narkoba. Selain itu siswa dan warga sekolah untuk berperan aktif dalam penanggulangan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

"Dengan adanya materi kurikulum P4GN terintegrasi di sekolah, efek lainnya agar lingkungan sekolah bersih dan bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba," imbuh Arjana.

Dengan masuknya P4GN ke dalam kurikulum sekolah ini juga diklaim dapat melahirkan kader-kader anti Narkoba. Sehingga ke depan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi anak didik dan lingkungan sekolahnya.

Pantauan blokTuban.com pejabat pemerintah dalam hal ini Bupati Tuban Fathul Huda ikut tandatangan. Selain itu juga kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Tuban, Edy Sukarno, Kepala Kemenag Tuban A. Sahid, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Nur Hamid. [rof/col]