Panjat Pinang di Atas Air Bikin 'Ngakak'

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebuah perlombaan yang digelar Organisasi Masyarakat (Ormas) Arjuno Bangilan Tuban cukup menggelitik. Sebab, lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-73 ini dipusatkan di arena sungai pengairan.

Satu di antara belasan lomba yang menarik perhatian warga adalah panjat pinang di atas sungai yang digenangi air. Sebab lomba tradisional ini biasanya digelar di tanah lapang alias di daratan.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, tiga orang peserta berusaha memanjat pinang yang didirikan di atas aliran air dari sodetan sungai Kali Kening tersebut. Batang pinang tampak licin sebab terdapat olesan stempet dan oli.

Gelak tawa penonton pun pecah ketika melihat akasi bapak-bapak saat menaiki pinang tersebut. Mereka tidak kuasa menahan tawanya saat pemanjat terperosok ke dalam air saat berusaha meraih hadiah di atas batang pinang.

"Sengaja kita buat di atas air, karena selain menghibur juga untuk mengurangi tingkat cidera dalam lomba ini," kata seorang penitia, Lutfilhakim saat diwawancarai blokTuban.com di lokasi, Minggu (26/8/2018).

Lutfi begitu ia disapa menambahkan, maksud dan tujuan kegiatan ini diharapkan menjadi sarana meningkatkan persatuan dan kesatuan warga Sambonglombok, Desa/Kecamatan Bangilan. Sehingga masyarakat memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan desanya.

"Selain memperingati HUT-RI kegiatan lomba ini memberi wadah masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. Arjuno berharap masyrakat menyatu untuk perkembangan wilayah ini," ucapnya menambahkan.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kegiatan ini akan berlangsung selama sehari semalam. Selain acara lomba-lomba, nanti malam juga ada pentas seni yang diisi oleh anak-anak kampung setempat. [rof/lis]