Kiai Kholil  Kembali Jabat Rais Syuriyah

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com- KH Kholilurrohman kembali dipilih menjadi Rais Syuriah PC NU Tuban untuk periode 5 tahun ke depan. Dalam sidang pemilihan rais syuriah di Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama (konfercab) yang dipimpin Misbahul Munir dari PWNU Jawa Timur, Mbah Kholil dipilih kembali melalui sistem ahlul halli wa aqdi (ahwa).

Sebelum pemilihan rais syuriah, terlebih dahulu dipilih 5 kiai  sebagai  ahwa.  Ke-5 kiai tersebut adalah Habib Alwi Assegaf (Kutorejo), KH. Abdurrohman Sholeh (Panyuran), KH Abdus Salam (Rengel), KH Sholeh Marzuki (Senori) dan KH Ahksan Ghozali (Langitan).

Ketua Panitia Konfercab NU Tuban Ke-7, Didik Purwanto menjelaskan, dalam sidang pleno ke-4 ini, 5 perwakilan ahwa diberikan batas waktu 15 menit untuk memilih rais syuriyah. Hasilnya dari musyawarah itu, KH Kholilurrohman dipercaya kembali sebagai rais syuriyah PCNU Tuban periode 2018 hingga 2023.

"Secara aklamasi romo kiai KH Kholilurrohman terpilih sebagai rais syuriyah PCNU Tuban periode 2018 hingga 2023," jelasnya.

Sementara itu, KH Kholilurrohman yang terpilih sebagai rais syuriyah PCNU Tuban menyatakan bersedia dipilih kembali.

"Dengan senantiasa berpegang teguh, pada Khittah NU, AD dan ADRT NU, saya bersedia mengemban amanah sebagai rais syuriah . Saya tidak akan melibatkan diri secara langsung pada jabatan politik praktis sesuai AD/ART atau organisasi Nu dan siap melepas jabatan politik jika saat ini menduduki jabatan politik," tegas Kiai Kholil sapaan akrabnya saat menyatakan kesediaan.[ono]