Idul Adha, Pekerja Las Ini Raup Omzet Melimpah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Banyaknya permintaan jasa pembersihan kulit bulu hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1439 H di wilayah Tuban, membuat para pekerja tukang Las dibanjiri pesanan warga.

Salah satu yang nampak dipenuhi warga, adalah jasa teknik Las Serbaguna di sekitarnya Jl. Mojopahit Tuban. Dari pagi hari sejak dipotongnya kambing maupun sapi yang digunakan untuk Kurban, bengkel pengelasan yang sehari-hari biasa menerima pesanan pagar, pintu, maupun konstruksi besi lain, berubah menjadi bengkel pembersih kepala dan kaki hewan kurban.

"Kalau jumlah warga yang datang ke sini nggak menghitung. Tapi dari pagi sampai sekarang ini, warga terus berdatangan," terang pemilik bengkel Las, Endang Setiawan kepada blokTuban.com, Rabu (22/8/2018).

Dijelaskannya lagi, pekerjaan dadakan membersihkan kulit bulu hewan kurban menggunakan Las sebagai media pembakrnya tersebut sudah lama dijalaninya lebih dari 5 tahun terakhir.

Dalam mematok upah jasa, Endang biasa memberikan harga per paket. Misalnya seperti paket kepala kambing beserta empat kaki yang dihargai Rp 25.000, paket kepala kambing, empat kaki, beserta kulit lulang dengan harga Rp 50.000 sudah terima jadi bersih.

"Kalau harga pembersihan kulit bulu sapi gak begitu jauh mahal. Mau kepala dan kaki sapi atau kambing, beda ukuran ya beda harga," tambahnya.

Pesanan jasa pembersihan itu, sambung Endang, tak melulu betlama-lama dilakukannya. Bersama putranya, dia hanya mengerjakan las bakar kulit bulu maksimal dua hari. Setelah H+3 seterusnya, jumlah warga yang datang makin menurun.

Semakin banyak warga yang meminta jasa pembersihan lewat Las bakarnnya, Endang mendapat hasil yang berlipat-lipat dari biasanya. Namun begitu, dia enggan menyebut berapa nominal yang sering didapat dari pengerjaan jasa musiman tadi.

"Hasilnya ya lumayan. Tapi, dari tahun sebelumnya, tahun ini malah menurun jumlahnya," tandasnya mengira-ngira. [feb/ito]