Permudah Bersihkan Bulu Hewan Kurban, Warga di Tuban Pakai Jasa Las
Reporter: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Hari Raya Idul Adha diberbagai wilayah daerah Kabupaten Tuban tengah dirayakan oleh masyarakat Islam maupun yang memperingatinya. Hewan sapi dan kambing pun telah banyaknya dipotong dan dibagikan oleh panitia Kurban kepada warga untuk diolahe jadi aneka hidangan.
 
Sebelu memulai proses pengolahan masak menjadi hidangan tertentu, warga harus lebih dulu membersihkan bagian dari hewan kurban, bagian bulu misalnya. Seperti diketahui, proses awal membersihkan, menghilangkan bulu dari kulit maupun bagian hewan kurban merupakan proses yang cukup sulit jika dilakukan secara manual.
 
Namun begitu, beberapa warga di Tuban memiliki cara cepat mengatasi kesulitan saat membersihkan sisa bulu pada bagian hewan kurban dengan membawa dan mendatangi jasa pengelasan terdekat sebagai alternatifnya.
 
"Kalau dicabut atau dibakar sendiri, bulu dikepala dan kaki kambing bakal lama. Makanya ke sini, pakai jasa bakar Las," kata Sukiran, salah satu pengguna jasa Las bakar pembersihan bulu hewan di Jalan Mojopahit Tuban, Rabu (22/8/2018).
 
Menurutnya, selain mempersingkat dan mempermudah pembersihan bulu hewan kurban, jasa Las bakar juga memiliki harga terjangkau dibanding upaya sendiri membersihkan bulu dari kaki-kaki dan kepala kambing.
 
"Ini bawa satu kepala kambing dan empat potongan kakinya. Nanti biar mudah dan cepat kalau masak jadi olahan," jelas lelaki asal Kelurahan Kedungombo Tuban itu.
 
Hal serupa juga dipaparkan Naryo, warga asal Kelurahan Karanganyar Tuban. Dengan Jasa Las bakar, dia tak perlu repot lagi mengupas bulu-bulu kaki dan kepala hewan kurban.
 
"Pakai jasa Las bakar ini sering, setiap tahun malah. Selain mudah, cepat, tapi juga murah," ungkap Naryo kepada blokTuban.com. [feb/ito].