Panen Melimpah, Kacang Tanah di Wadung-Jenu Banyak Diburu

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Lahan pertanian tanaman jenis kacang tanah yang berada di bentangan sawah sekitar Jalan Tanjung Awar-awar, turut Desa Wadung, Kecamatan Jenu tengah berada dalam proses panen.

Nampak sejumlah petani, maupun pekerja pemborong kacang tanah sedang sibuk ‎memanen untuk kemudian dikirim ke berbagai wilayah. Tak tanggung-tanggung, berkat suplai air dari sumur bor yang memadai, panenan kacang disana banyak diserbu pemborong dari wilayah luar Tuban.

"Ini nanti setelah terkumpul semua akan dikirim ke Pati,"‎ ujar salah satu pemborong, Moha kepada blokTuban.com, Minggu (19/8/2018).

Ditambahkannya lagi, dari musim panen yang telah dimulai sejak 2 minggu terakhir ‎ini, dia bisa menebas dan mengangkut sekitar 4 ton kacang tanah lebih setiap harinya.

"Kualitas kacang tanah disini lumayan bagus. Ada juga yang sampai dikirim ke pabrik," terangnya.

Pemborong lain, Harmoko juga menuturkan bahwa kacang tanah segar yang diperolah seketika waktu panen itu kemudian dikirim ke luar kota untuk diproses menjadi produk unggul.

"Kalau kacang tanah ini, nanti di kirim ke Gresik dan masuk pabrik ‎Garuda," ungkap lelaki asal Kecamatan Montong itu. [feb/ito]