Hadapi Musim Kemarau Ini Pesan Dinkes Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menghadapi musim kemarau Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban menghimbau masyarakat agar waspada terhadap sinar matahari di siang hari. Sebab wilayah Tuban berada di daerah tropis, untuk itu sebisa mungkin menghindari paparan matahari langsung terutama pada pukul 11.00-15.00 Wib.

"Untuk mengurangi radiasi ultra violet, gunakan pelembab dan pelindung seperti topi dan payung," ucap plt Kepala Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Ditambahkan Endah, sapaan akrabnya, tubuh manusia harus cukup dalam mengkonsumsi cairan agar tidak dehidrasi, terutama bila sedang kegiatan di luar ruangan. Menurut ibu ramah itu, caranya dengan konsumsi air putih minimal dua liter perhari.

Selanjutnya waspadai bila warna air kencing kuning atau cokelat berarti tubuh kurang minum. "Bila kita mengkonsumsi air minum cukup, air kencing kita tidak berwarna (bening)," tandas dia.

Pihaknya juga berharap masyarakat untuk mengurangi kegiatan membakar. Sebab, membakar sampah atau yang lainnya akan menimbulkan asap yang bisa membahayakan bila terhirup masuk saluran pernapasan.

"Setiap pembakaran akan menghasilkan karbon, CO2 atau CO, gas CO bisa mengganggu kerja hemoglobin dalam mengikat oksigen," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]