Jaring Pesilat Berbakat, PB IPSI Gelar Kejurnas Pencak Silat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Guna melestarikan Pencak Silat budaya bangsa melalui p‎restasi olahraga, serta sebagai ajang silaturahmi perstuan dan kesatuan Pencak Silat Go to International,‎ Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)‎ akan gelar kejuaraan Pencak Silat open turnamen tingkat Nasional 2018.

Even bergengsi umum tingkat Nasional itu rencananya akan dihelat selam 4 hari, yakni pada hari Minggu - Kamis tanggal 4- 8 November 2018 di Gedung Olaghraga (GOR) Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta nanti.

Adapun Kejuaraan Pencak Silat untuk Remaja dan Dewasa tersebut bisa diikuti oleh pelajar ataupun mahasiswa, perguruan pencak silat, beserta atlit binaan daerah (Pengprov, Pengkab, Pengkot) untuk merebutkan Piala Ketua Umum PB IPSI H. Prabowo Subianto dengan kuota atlit terbatas, yakni 500 atlit.

Dari surat edaran resmi yang diterima blokTuban.com, pihak penyelenggara kegiatan yang merupakan Korps Lembaga Wasit Juri Provinsi DKI Jakarta bersama lembaga terkait menyebutkan‎ bahwa terdapat 2 kategori pertandingan, meliputi Tanding (fight) dan Seni Tunggal, Ganda, Regu (TGR).

Dalam kegiatan yang membawa tema Pendekar Pencak Silat Adalah Pejuang dan Ksatria Pembela Tanah Air NKRI itu juga menyediakan kelas A sampai H untuk PA/PI dan Kelas I untuk PA kategori Tanding. Selanjutnya terdapat 6 kelas tanding PA/PI Dewasa dan 3 kelas lain khusus PA. Semua peraturan menggunakan Munas IPSI 2016 dan Digital Scorring.

"Besar harapan kami agar kegiatan ini berjalan lancar kami sangat membutuhkan dukungan bersifat moril ataupun materil," bunyi penutup akhir proposal kegiatan tersebut atas nama Ketua Umum PB IPSI, Edhy Prabowo, MBA, MM selaku Wakil Ketua Umum.

Untuk persiapan setiap peserta ataupun kontingen mengikuti perhelatan itu, info lebih lanjut bisa didapat melalui email silat.indonesiaopen@gmail.com serta Instagram Pencak Silat Indonesia Open, maupun Contact Person yang tertera. [feb/ito]