Hari ini Ribuan Kotak Suara Didistribusikan ke Semua TPS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hari ini, Selasa  (26/6/2018) kotak suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur telah didistribusikan ke semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh pihak penyelenggara. Kotak suara didistribusikan dalam keadaan tersegel dengan kawalan ketat petugas keamanan dan diawasi oleh pengawas pemilu.

Di kecamatan Bangilan misalnya, mulai pagi tadi kotak suara mulai didistribusikan ke desa-desa. Dengan menggunakan truk, logistik dikirim sesuai jumlah TPS yang ada.

"Per TPS 1 kotak suara dan 2 bilik. Selain itu juga surat suara sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tambahan 2,5 persen," terang Komisioner PPK Bangilan, Supri, Selasa (26/6/2018).

Di kecamatan lain, ketua PPK Tuban kota, Husni Mubarok menambahkan, dari pagi diawali apel bersama pihak kecamatan dan keamanan TNI-Polri. Kemudian dilanjutkan pendistribusian ke desa dan kelurahan.

"Pukul 14.00 seluruh logistik sudah terdistribusikan ke seluruh desa/kelurahan di kecamatan Tuban," tandasnya.  

Diketahui, logistik setiap TPS tersusun dari perlengkapan alat pemungutan serta perlengkapan alat penghitungan suara.

Sementara itu Komisioner KPU Tuban, Nur Hakim saat dikonfirmasi blokTuban.com mengklaim, hari ini distribusi harus klir 100 persen. Sehingga pencoblosan yang akan dilakukan besok pagi, Rabu (27/6/2018) berlangsung lancar tanpa ada kendali.

"Hari ini posisi kotak dalam keadaan tersegel sudah geser dari kecamatan ke desa-desa. Klir semua hari ini," tegas Devisi Umum dan Logistik tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, jumlah total TPS Se-kabupaten Tuban ada 2006. Pendistribusian logistik pun diklaim lancar tanpa ada kendala.

"Alhamdulillah untuk Tuban tidak ada daerah yang tergolong sulit transportasinya, jadi semua aman," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]