19:00 . Menyedihkan! Berprestasi hingga Nasional, 2 Siswa SD di Tuban Tak dapat Apresiasi dari Pemkab   |   14:00 . Dikunjungi Penilai Adipura Kencana, Jalanan Tuban Kota Belum Seteril dari Bendera Partai   |   11:00 . Ide Jualan Kue Lumpur Labu Kuning Ekonomis Tanpa Telur   |   10:00 . Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 September 2023 Dibuka! Dapatkan Insentif Sebesar Rp 4,2 Juta   |   09:30 . Pak Labi, Lokal Hero Bangkep yang Selamatkan Alam Dengan Ternak Lebah Madu   |   09:00 . Empat Superhero dari Kampung Energi   |   08:00 . Amalkan Ayat 1000 Dinar, Hidup Aman dan Sejahtera   |   07:00 . Peringati Hari Tani dan Panen Raya, Warga Tuban Arak Tumpeng dan Gunungan Raksasa   |   19:00 . Kemarau Jadi Tantangan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Palang Tuban   |   18:00 . Bingung Mau Nyoblos tapi Masih di Luar Kota? Begini Cara Ajukan Pindah Memilih   |   17:00 . Taman Sleko, Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman di Tuban   |   16:00 . Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius   |   15:00 . Kawasan Hutan Sekitar Area Kilang GRR Tuban Terus Diawasi   |   14:15 . Teknologi Karbon Mulai Diterapkan di Lapangan Sukowati   |   13:00 . Puluhan PPS dan PPK Tuban Mundur dengan Alasan Sama   |  
Tue, 26 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyiin

Sabar

bloktuban.com | Friday, 18 May 2018 16:00

Sabar

Oleh: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com – Mutiara atau nasehat kaum muda kedua dari kitab Idhotun Nasyi’in adalah Sabar. Sesungguhnya orang yang cerdas, itu orang yang sabar di atas kegentingan. Tenang menghadapi kegentingan dengan kekokohan, keberanian, dan ketabahan hati. Bukan sebaliknya, yang menghadapi suatau kegentingan dengan panik dan kegelisahan.
 
Perlu diketahui, jiwa yang cerdas dan berakal sempurna itu di dalamnya terdapat karakter yang tenang. Bukan orang yang gampang kebingungan ketika menghadapi keruwetan hidup. Apapun masalah yang ada, dihadapi dengan santai. Cobaan itu selau ada. Maka, ketika dicoba hendaknya mengedepankan ketenangan bukan kepanikan.
 
Sebaliknya, jiwa yang lemah itu terus goyah, setiap ada kegentingan. Meskipun masalah itu kecil. Sebab, jiwa yang terpatri di dalam dirinya, selalu merasa lemah tidak kuat mengahadapi cobaan yang begitu kecil sekalipun. Dia selalu merasa tidak bisa membebaskan dirinya dari himpitan masalah.
 
Itulah perbedaan antara dua jiwa manusia.
 
Wahai generasi muda! supaya kalian memiliki jiwa yang cerdas dan sabar.
 
Caranya bagaimana? Yaitu, dengan membiasakan mencari keutamaan. Dan memcampakkan hal-hal yang tidak memiliki nilai berharga (jangan suka melakukan hal yang tidak berguna). Hiaslah dirimu dengan kesempurnaan dan kemanusiaan. Tampakkanlah dirimu dengan kegagahan, jangan ringkih.
 
Hal yang dimikian itu, sangat mudah bagi orang yang mendapat hidayah dari Allah. Bagaimana agar bisa mendapatkan hidayahNya? Maka saat ini juga tinggalkan mental yang hina, tidak mengumbar nafsu atau keinginan jiwa yang bodoh.
 
Dengan demikian kita akan dapat keluar dari lingkaran pola hidup seperti binatang. Menuju hidup dalam kesempurnaan dengan moral yang normatif.
 
Yakinlah, Allah akan memberi balasan orang sabar dalam mendidik jiwanya. Derajatnya akan diangkat, setara dengan orang yang mendapatkan hidayah. Allah juga akan menyelamatkan orang yang sabar dari kedudukannya yang tidak jelas (semu).
 
Pengarang kitab Idhotun Nasyi’in, Musthafa Al-Ghalayani menyerukan pada kalian semua, wahai generasi muda. Bersabarlah dalam mendidik jiwa, sebab hal itulah yang menjadikan hadirnya kebahagiaan dunia dan akhirat. Aamiin. [rof/ono]
 

 

 



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat