Buka Kajian Ramadan, Bupati: Mari Bersihkan Diri dan Hati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Kamis (17/5/2017) membuka Kajian Ramadan 1439 H di Musala Al Furqon Kompleks Kantor Pemkab Tuban.

Dalam pembukaan itu, bupati dua periode tersebut menekankan agar bulan ramadan dimaknai sebagai momentum untuk membersihkan diri dan hati dari sifat tercela.

"Pada mementum ramadan ini hendaknya dimaknai untuk membersihkan diri, kemudian mengisinya kembali dengan kebaikan," ujar Bupati Tuban saat membuka Kajian Ramadan.

Lebih lanjut, dalam acara yang bertemakan 'Kunci-kunci untuk Menikmati Lezatnya Iman' tersebut, bupati menyampaikan hadits yang shahih, bahwa terdapat tiga kunci untuk menikmati lezatnya iman.

Yang pertama, mencintai Allah dan Rasulullah melebihi apapun yang ada di dunia ini, kedua menyayangi dan mengasihi sesama manusia karena Allah, dan yang ketiga, membenci kejahatan seperti halnya membenci masuk neraka.

"Dengan mengamalkan kunci-kunci tersebut, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan ibadah dan kualitas iman. Sehingga kita dapat benar-benar merasakan nikmatnya ibadah sebagai indikator ibadah kita diterima oleh Allah," tutur bupati.

Bupati juga meminta kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir agar kajian ramadan maupun semacamnya dapat terus diselenggarakan, meski telah berganti kepengurusan maupun pimpinan.

Sekadar diketahui, kajian ramadan yang diselenggarakan Pemkab Tuban tersebut dilaksanakan selama bulan ramadan setiap hari Senin sampai Kamis, setelah salat dzuhur berjamaah. Kegiatan tersebut mengkaji perihal pengetahuan Islam mulai dari pembahasan tentang keutamaan ramadan, tafsir alquran, materi berkaitan tauhid, fiqih dan akhlak. [hud/rom]