Mau Foto Cantik? Datangi Hutan Koleksi dan Konservasi di Kerek

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Anda yang punya hobi foto pemandangan, terlebih untuk selfie atau foto ramai-ramai, wefie, tak ada salahnya berkunjung ke Arboretum Bukit Daun di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Arboretum bukit daun, adalah wana wisata berbasis hutan koleksi dan konservasi milik PT Semen Indonesia yang memanfaatkan lahan bekas tambang batu kapur.

Pemandangan cantik tersaji ketika masuk ke wilayah ini. Di atas bukit yang berbentuk daun, deretan taman, spot-spot foto, dan aneka jenis tumbuhan menjadi daya tertarik tersendiri.

Wisata ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Deputi Bidang Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdulah bersama Direktur Semen Indonesoa, Hendi Priyo Santoso, dan Direktur Utama Semen Gresik Mukhamad Saifudin hari ini, Kamis (22/2/2018).

Direktur SI, Hendi Priyo Santoso menjelaskan, sementara ini arboretum berdiri di atas lahan 1.000 m2. Selain bisa dimanfaatkan untuk swafoto di atas ketinggian, juga bisa digunakan sebagai wisata edukasi karena hutan ini mempunyai beberapa koleksi tumbuhan yang mulai langka.

Beberapa tumbuhan yang mulai langka dan ada di tempat ini adalah kawista, damar, gaharu, ulin, juwet, kurma dan tanaman jenis obat yang juga dibudidayakan di area yang sama.

"Ini merupakan cara perusahaan melakukan reklamasi dan memanfaatkan lahan bekas tambang," terang Hendi.

Setiap tahun, SG mereklamasi sekitar 20 hektar lahan bekas tambang pertahun di Tuban. "Kami akan terus melakukan reklamasi setiap lahan yang telah selesai ditambang," lanjutnya.

Deputi Bidang Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdulah, sebelum melakukan peresmian mengatakan, apa yang dilakukan SI merupakan hal yang menggemberikan.

"Sesuatu yang diambil dari alam, harus dikembalikan lagi ke alam dengan kondisi yang lebih baik," kata Edwin.

Wisata ini gratis, dibuka setiap hari untuk umum. Yuk, kapan Anda ke sini? [pur/rom]