Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kandungan nutrisi, vitamin, dan zat-zat penunjang lain yang membantu proses pertumbuhan tanaman petani memang sangat perlu diperhatikan.

Sama halnya dengan jenis pupuk dan obat pestisida yang digunakan untuk menangkal hama pada tanaman, yang memiliki fungsi, kegunaan dan takaran masing-masing.

Namun yang terjadi pada aktivitas tanaman para petani saat ini, mereka kurang tahu mengenai informasi khusus tentang jenis obat penangkal hama yang mesti diaplikasikan pada tanamannya.

"Kebanyakan begitu. Petani yang umumnya menanam padi misalnya, mereka kurang tahu seluk beluk obat yang harus digunakan untuk mengatasi hama. Karena, setiap penyakit tanaman padi punya penangkal tersendiri," kata Pamuji, petani asal Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Sabtu (17/2/2018).

Terlebih pada takaran, sambung lelaki yang pernah menjadi PPL di Kabupaten Bojonegoro itu. Takaran pupuk, obat pestisida harus sesuai dengan rumus perbandingan yang berlaku.

"Harus pas pada takarannya. Kadang petani memberi pestisida pada tanamannya itu ada yang kurang takaran, juga ada yang melebihi. Itu berpengaruh pada tumbuh kembang tanaman juga," pungkasnya. [feb/rom]