Kepulangan Jemaah Haji Tuban Dibagi Tiga Tahap

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pelaksanaan proses  ibadah haji telah usai, sehingga jemaah haji dari tanah air akan dipulangkan melalui embarkasi masing-masing ke kabupaten atau kota asal.

Jemaah haji asal Tuban akan dipulangkan dibagi menjadi tiga tahap berdasarkan penentuan kloter. Untuk kloter 16, maka akan tiba Senin, sekitar pukul 22.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 17, akan tiba besok Selasa pukul 19.00 WIB, dan terakhir untuk kloter 21 akan tiba Rabu pukul 22.00 WIB.

Pemulangan jemaah haji tersebut akan ditempatkan di Lapangan Kompi Senapan C Tuban, dengan melibatkan beberapa instasi terkait.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Umi Kulsum mengatakan, untuk kepulangan jemaah haji asal Tuban sudah dimulai dan nanti malam jemaah haji dari kloter 16 sudah tiba.

Selasa besoknya disusul jemaah haji dari kloter 17 dan Rabu lusanya dilanjutkan jemaah haji dari kloter 21. Jadi akan tiba secara bertahap.

"Nanti malam sekitar pukul 22.00 WIB jemaah haji dari Tuban kloter 16 sudah tiba," ujar Umi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Senin (11/9/2017)

Menurut Umi, mengenai kepulangan jemaah haji secara bertahap memang merupakan hal teknis, jadi tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Sama halnya saat akan berangkat, ada beberapa tahap yang diberangkatkan karena menyesuaikan kuota dan faktor keamanan.

"Yang jelas nanti jemaah haji asal Tuban sudah ada yang datang, selanjutnya besok dan lusa baru tiba," pungkasnya.[nok/col]