Bupati Imbau Camat Harus Miliki Data Kemiskinan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda mengimbau setiap camat memiliki data kemiskinan di setiap wilayah yang dipimpin. Hal itu berkaitan dengan rencana pemerataan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban.

Seperti diketahui, persentase kemiskinan Kabupaten Tuban mengalami peningkatan 0,06 persen. Pada 2015 tercatat 17,08 persen meningkat menjadi menjadi 17,14 pada tahun 2016. Sesnagkan jumlah penduduk miskin pada 2015 mencapai 196.590 jiwa dan meningkat pada 2016 menjadi 198.350 jiwa.

"Setiap camat harus mengetahui titik kemiskinan wilayahnya berapa. Kemudian tahun berikutnya harus tahu peningkatan atas penurunan angka kemiskinan," kata orang nomor satu di Tuban tersebut.

Seperti diketahui, misi lima tahun ke depan pemerintahan Bupati Tuban Jilid II salah satunya menyinggung peningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merata dan keadilan, dengan tolak ukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat pengangguran terbuka dan angka kemiskinan.

"Harus kita gandeng industri di Tuban, mulai dari sekarang evaluasi ini harus ada schedule setiap camat harus menentukan kondisi desa di masing-masing kecamatan," tegasnya.[dwi/ito]