Akan Terapkan E-Planning, Legislatif Harap Kinerja OPD Diperbaiki

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan menerapkan e-Planning atau perencanaan program Pemerintah Kabupaten Tuban secara elektronik, diharapkan dapat memperbaiki kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, M Miyadi mengatakan wacana nilai yang kurang memuaskan terkait kinerja OPD perlu dibahas lebih. Sebab hasil kinerja saat ini akan menjadi acuan dan pembahasan dalam program ke depan.

"Sebab nantinya ditahun 2018 akan menggunakan system E-Planning. Sistem ini akan berfungsi dalam penentuan kebijakan, nominal pembangunana hingga alokasi pendanaan pembangunan," kata politisi PKB ini.

Seperti diketahui Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Tuban sejauh ini mendapat angka merah. Penilaian kurang memuaskan yang diterima Tuban ini ditengarai belum ada keselarasan antara APBD dengan RPJMD Pemkab Tuban.

“Kita berharap mulai 2017 OPD bisa maksimal, karena nanti ditahun 2018 penggunaan keuangan adalah E-Planning. E-Planning sendiri merupakan perencanaan A sampai Z, baik outcome, output, impact harus jelas," kata Miyadi.

Maka, lanjutnya OPD diminta harus sudah mulai bergerak dalam rangka menata kinerja OPD.[dwi/ito]