Belasan Ribu Warga Antri Sembako Murah PT SG

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Belasan ribu warga dari desa sekitar PT Semen Gresik, mengantri paket sembako yang dibagikan perusahaan di kawasan Gedung Graha Sandiya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Selasa (13/6/2017).

Paket berbungkus kardus, bertuliskan Sembako Murah Untuk Keluarga Miskin itu berisi bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, kecap, dan juga beberapa bungkus mie instant.

"Nilai paket sembako ini adalah 150 ribu, tapi kita minta warga hanya menebus 25 ribu, " kata Direktur Utama PT Semen Gresik, Sunardi, kepada blokTuban.com.

Paket sembako sebanyak 15 ribu ditujukan buat warga-warga miskin yang ada di 31 desa, dari berbagai kecamatan di sekitar perusahaan. Jumlah ini bertambah dibanding tahun 2016 lalu, karena perusahaan waktu itu hanya menyediakan 12 ribu paket sembako.

Kemudian uang hasil tebusan sebesar 25 ribu tiap satu paket sembako, akan dialokasikan lagi kepada warga kurang mampu yang ada di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban.

"Alokasi dana yang kami gunakan bersumber dari CSR, tapi apabila kurang perusahaan tidak segan buat memberi alokasi khusus," terang Nardi.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, berharap semua perusahaan melakukan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk langkah-langkah pengentasan kemiskinan.

"Seperti yang dilakukan teman-teman SG, semoga kita bisa terus bersama-sama melakukan pengentasan kemiskinan," tandasnya.

Darmo, seorang pengantri mengatakan keluarganya setiap tahun mendapat jatah sembako murah dari perusahaan. Paket sembako yang ada didalamnya dinilai cukup membantu buat menambah kebutuhan menjelang hari raya.

"Lebih hemat saja, karena itu biar antri warga tetap semangat karena sembako murah," [pur/ito]