Bank Sampah, Atasi Pencemaran Sekaligus Entas Kemiskinan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Permasalahan sampah yang terjadi di Kecamatan Bangilan, membuat masing-masing desa berusaha untuk mencari solusi. Terkini, tiga desa dari empat belas desa dengan menggandeng tim penggerak PKK untuk membuat Bank Sampah.

Camat Bangilan melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menjelaskan, penggalakan pendirian bank sampah untuk mengurangi jumlah sampah. Selain itu, diharapkan menjadi kegiatan ekonomi produktif untuk mengentas kemiskinan.

"Kita sudah melakukan pendampingan, tiga desa sudah terbentuk dan mulai berjalan," kata Kasi PMD Kecamatan Bangilan, Bambang Sukartika saat ditemui blokTuban.com.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan, di Desa Weden, Bangilan, dan Sidotentrem telah disusun kelembagaannya. Dengan aktivitas barunya, kini PKK di masing-masing desa juga dapat menambah kas organisasi.

Apa saja kegiatan bank sampah yang sudah dilakukan? Bambang memaparkan, terdapat dua jenis kegiatan, yakni simpan pinjam sampah dan tabungan sampah.

Dengan adanya bank sampah, persoalan sampah di Kecamatan Bangilan yang sebelumnya hanya dilakukan dengan mengumpulkan lalu dibakar, kini bisa lebih bermanfaat dan memiliki nilai tukar tinggi.

"Harapannya, empat belas desa semua memiliki bank sampah, agar Bangilan bersih dari pencemaran sampah. Selain itu warga ada tambahan penghasilan dengan kegiatan menabung," pungkasnya. [rof/ito]