Puskesmas Kerek Gelar Kelas Ibu Balita

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk mengetahui perkembangan anak usia 0-5 tahun, Puskesmas Kerek melaksanakan program kesehatan ibu dan anak atau Kelas Ibu Balita. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Kepala Puskesmas Kerek, Rika Triyana kepada blokTuban.com mengatakan program ini dilaksanakan setiap satu tahun satu kali, namun awal tahun ini pada awal tahun ini sasaranya adalah lima desa dan salah satunya adalah Desa Margomulyo ini.

"Periode awal tahun ini, Kelas Ibu Balita diselenggarakan di lima desa dan di Desa Margomulyo ini diikuti oleh puluhan ibu dan anak," terang Rika Triyana kepada blokTuban.com, Sabtu (25/3/2017).

Ia menambahkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan prngetahuan serta merubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan balita serta untuk mendetaeksi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurutnya, untuk mengetahui tumbuh kembangmya anak dalam program ini, setiap anak dikelompokkan sesuai dengan umurnya. "Adapun dengan adanya program Kelas Ibu Balita ini apabila ada kelainan bisa terdeteksi sejak dini," tandas Rika.[hud/ito]