Besok, Menteri Pertanian Akan Tiba di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Untuk mengetahui kondisi riil di lapangan, sekaligus merumuskan berbagai langkah yang harus diambil dalam rangka percepatan ekonomi petani, Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman, akan bertandang ke Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa (7/3/2017) besok.

Bertempat di Desa Sugihwaras, Mentan kelahiran Bone Sulawesi Selatan itu, dijadwalkan melakukan panen raya di lahan seluas 150 hektare. Kunjungan kesekian kalinya tersebut, sekaligus untuk melihat Serapan Gabah (Sergab) secara langsung di Bumi Wali, sebutan Kota Tuban.

Di lokasi panen, Mentan ke-27 itu akan menggunakan alat panen modern. Setidaknya panitia telah menyiapkan lima alat yang akan digunakan bersama Forkopimda Tuban.

"Sejak Minggu (5/3/2017) kemarin Forpimcam Jenu bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Kodim 0811 telah mengecek lokasi sekaligus bersih-bersih," ujar Sekretaris Camat (Sekcam) Jenu, Suwoto, Senin (6/3/2017).

Sesuai rundown acara, menteri keturunan Raja Bone itu direncanakan tiba di Tuban pukul 13:30 WIB, usai mengunjungi Kabupaten Lamongan. Menteri Amran beserta rombongan juga berencana akan singgah di Pendapa Krida Manunggal Tuban sebelum menuju lokasi panen.

"Selain Panen juga akan dilakukan tanam raya di lahan yang tidak jauh dari lokasi panen," tukasnya.

Masih kats Suwoto, selain panen dan tanam raya, Mentan juga akan memberi pengarahan dan melakukan tanya jawab seputar problem pertanian yang dirasakan petani Tuban. Sebagai bentuk dukungan Sergab, seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Jenu dipastikan akan hadir.

Selain itu seluruh Camat, dan perwakilan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tuban tidak ketinggalan. "Harapan kami kegiatan besuk berjalan lancar, kegelisahan petani lokal terjawab," tegasnya.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Tuban, Agus Wijaya, membenarkan rencana kunjungan tersebut. Saat ini Forkopimda sedang melakukan persiapan yang dibutuhkan.

"Kita sedang mempersiapkan penyambutan Mentan besuk," singkat mantan Camat Montong itu menjelaskan.

Dipaparkan Agus, dalam kunjungannya ke Tuban, Menteri Pertanian bakal didampingi DPR RI Komisi IV, Pangdam V Brawijaya, Dinas Pertanian Provinsi Jatim, dan Bulog. Sedangkan Wakil Gunernur Jatim, Gus Ipul belum ada konfirmasi tiba di Tuban.

Perlu diketahui, selain lawatan di Jenu besok, Menteri Amran Sulaiman pada (5/3/2016) juga pernah melakukan penen jagung di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan. Sebelumnya pada tanggal (29/9/2015) juga melakukan panen jagung di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak. [rof/col]