Puskesmas Montong, Targetkan Akreditasi 2017 Jadi Madya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puskesmas Montong, Kabupaten Tuban yang telah dilengkapi dengan fasilitas ruang rawat inap dan persalinan untuk ibu hamil menargetkan tahun 2017 ini terakreditasi Madya.

"Kami menargetkan minimal lulus akreditasi Madya dikarenakan beberapa Puskesmas di Kabupaten Tuban, yang telah disurvey dan diakreditasi di tahun yang lalu hasilnya semua Madya," kata Kepala Puskesmas Montong Tri Wahyuningrum, kepada blokTuban.com.

Tahun 2017 ini, lanjut Tri Wahyuningrum, Puskesmas Montong menjadi salah satu Puskesmas yang terdaftar akreditasi, sehingga berbagai persiapan telah dilakukan sejak akhir tahun yang lalu.

Proses akreditasi kali ini kemungkinan akan berlangsung akhir tahun ini. Puskesmas yang memiliki wilayah kerja di Kecamatan Montong bagian barat tersebut telah membenahi administrasi dan ditargetkan pada April nanti semua berkas termasuk administrasi sudah lengkap.

"Setelah semua selesai dan telah lengkap, baru pada bulan Mei kita implementasikan atau kita terapkan," ujar Kepala Puskesmas Montong.

Ia menambahkan, untuk menjadi madya tersebut terdapat tiga kriteria yakni, Pokja 1 Administrasi, Pokja 2 UKM atau Usaha Masyarakat, dan Pokja 3 Usaha Kesehatan Perorangan (UKP).[hud/col]