Hindari Luapan Banjir, Muspika Soko Bersihkan Sungai
Reporter: Dwi Rahayu 
 
blokTuban.com - Guna mengindari luapan banjir Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Soko membersihkan sungai di Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jumat (24/2/2017).
 
Segenap Muspika, bersama masyarakat setempat melaksanakan aksi bersih lingkungan di bawah Jembatan Rambit tepat di jalan antar provinsi tersebut. Mereka beraksi menggunakan alat tajam dari parang hingga gergaji mesin untuk mengambil sampah yang tersangkut di bawah konstruksi jembatan.
 
"Iya, Muspika, Polsek dan Koramil Soko kerja bakti bersama-sama untuk membersihkan gorong-gorong sungai agar tidak terjadi banjir," kata Kapolsek Soko, AKP Yudi Hermawan kepada blokTuban.com.
 
Bermacam sampah tersangkut dan memenuhi hampir sebagian besar ruang di bawah jembatan. Sampah yang hanyut dari hulu tersebut berupa ranting bambu kering dan sampah anorganik atau plastik.
 
Saat musim penghujan, sungai yang bermuara ke Bengawan Solo seringkali meluap ke permukiman warga. "Banyak sampah yang menyumbat di gorong-gorong bawah jembatan," tambahnya.
 
Seperti diketahui, hulu sungai tersebut melintasi beberapa desa di wilayah Kecamatan Soko di antaranya Desa Bangunrejo, Mentoro, Prambontergayang dan Cekalang. Kemudian dari jembatan yang dibersihkan tersebut air bermuara melewati Desa Sokosari, Sandingrowo, Kenongosari dan berakhir di Bengawan Solo. [dwi/col]