Maksimalkan Potensi, Desa Tasikmadu Bahas Wisata Belimbing

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, sudah lama tenar dengan kebun belimbing. Bahkan luas kebun belimbing di desa ini diperkirakan mencapai 50 hektar lebih.

Potensi itu membuat desa ini berpikiran mengembangkan wisata belimbing, dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) di rumah Yasin, salah satu pelopor kebun belimbing desa setempat, Jumat (24/2/2017).

Kepala Desa Tasikmadu, Puji Prajoko menjelaskan, desa berkeinginan membangun Bumdesa wisata, supaya beberapa aset wisata bisa terkelola dengan baik. Diantara aset yang dimaksud adalah kebun belimbing dan keberadaan dua makam yang selama ini sudah menjadi wisata religi.

"Kita berharap Bumdesa bisa menambah PAD desa dan juga berpengaruh buat kesejahteraan masyarakat," kata Joko.

FGD digelar Pemdes dengan kerjasama Jarkom Desa Tuban, Syarikat Masyarakat Mandiri dan Pokja Masyarakt Sipil Kementerian Desa PDT.

"FGD hari ini merupakan rangkaian panjang dari komunikasi informal yang sudah kita lakukan bersama," kata perwakilan Jarkom Desa Tuban, Tasyhudi, dalam sambutannya.

Tasyhudi berharap, FGD yang rencananya akan digelar seharian penuh itu bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Agar bisa memaksimalkan potensi di Desa Tasikmadu.

Terlibat di FGD adalah relawan Pemdes Tasikmadu, petani belimbing, tokoh masyarakat dan pemuda, Bappemas dan KB Tuban, TNI dan Polri, dengan didampingi relawan dari Jarkom Desa Tuban, Syarikat Masyarakat Mandiri, Pokja Masyarakt Sipil Kementerian Desa PDT. [pur/rom]