Padi Diserang Wereng, ini Bisa Dilakukan Petani

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Penggunaan Beauveria bassiana, yakni jamur yang tumbuh pada wereng dinilai sebagai cara ampuh untuk memberantas wereng. Hal itu disampaikan Penyuluh Pertanian, Kabupaten Tuban, Rico Damai S, kepada blokTuban.com di kantornya beberapa waktu lalu.

Menurut Rico, kini diharapkan model pemberantasan hama pertanian bergeser dari model frontal ke cara-cara alami. Sebab jamur itu merupakan parasit yang hanya dapat hidup pada tubuh wereng.

"Sekali wereng yang terkena jamur bersentuhan, parasit tersebut menular dan lama kelamaan hama wereng mati," ungkap Rico.

Dicontohkan Rico, penyemprotannya ke tanaman padi agar materinya merasuk ke batang tanaman yang kerap menjadi tempat perkembangbiakan wereng. Ditambahkan Rico, obat-obatan kimia pembunuh wereng secara langsung terbukti tidak efektif menekan penyebaran wereng. Justru obat hanya akan memicu kekebalan wereng terhadap obat.

"Harapannya petani bisa beralih ke pertanian organik dan beauveria ini merupakan musuh alami wereng. Selain itu bahan-bahannya mudah didapat," pungkasnya. [rof/ito]