Puluhan Siswa SDIT Al-Uswah Jatirogo Belajar Membatik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan Siswa-siswi kelas I hingga IV SDIT Al-Uswah Jatirogo belajar membatik di Rumah Batik Royyan yang berada di Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Kamis (12/1/2017).

Puluhan siswa-siswa tersebut nampak antusias belajar membatik, dari pantauan blokTuban.com dengan pendampingan pemilik rumah batik Royyan, Suntikah serta Usatadz-ustadzah, mereka belajar mulai tahapan awal hingga finishing.

Salah satu siswa kelas III SDIT Al-Uswah Jatirogo, Yahya mengaku senang dengan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah ini, karena selain mendapatkan materi pembelajaran ia juga langsung menyentuh peralatan batik, bahkan langsung membuat motif.

"Senang, tadi sudah hampir bisa," ungkapnya dengan wajah malu-malu.

Terpisah, Kepala Sekolah SDIT Al-Uswah Jatirogo Yuli menyampaikan, pembelajaran membatik di luar kelas ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya, dengan harapan pembelajaran ini untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang budaya indonesia, dan setidaknya anak-anak menyukai produk asli dalam negeri.

"Harapanya, dengan langsung praktek membatik dan mengenal peralatanya, siswa-siswi tidak hanya berfikir menjadi apa, melainkan dia juga bisa bangga atas usahanya sendiri," ujar Kepala Sekolah. [hud/rom]

 batik-1