Parengan Juara 1 Lomba KB

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Tahun ini mempunyai prestasi yang membanggakan dalam pelaksanaan Keluarga Barencana (KB). Pasalnya, di tahun 2016 ini, Kecamatan Parengan menjadi juara 1 pelaksanaan KB terbaik se Kabupaten Tuban.

Penghargaan diberikan karena kecamatan ini bisa menekan laju pertumbuhan penduduk. Yang lebih penting bisa menekan tingkat kematian bayi sampai 0 persen. Selain itu, apsektor KB di Parengan merupakan terbanyak di Kabupaten Tuban.

Dari keterangan Koordinator Penyuluh KB kecamatan Parengan Afan Mokhzaeni, mengatakan salah satu yang menjadi tolak ukur dalam penilaian pelaksanaan KB ini adalah Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang meliputi IUD, MOW, MOP, Implan.

"Tahun ini MKJP di Kecamatan meningkat dengan bagus, sekarang mencapai 54 persen dari semua metode,"ujar Afan Mokhzaeni kpada blokTuban.com.

Disamping itu, penilaian juga dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan seperti ketika pelaksanaan mereka selalu koordinasi dengan UPTD Bapppemas KB Parengan, Puskesmas Parengan, Bidan Desa, Posyandu, Kelompok Kerja PKK di desa dan juga tokoh lainya.

"Semakin meningkatnya MKJP maka akan menuju masyarakat parengan yang bahagia dan sejahtera," pungkasnya.[hud/ito]