Tambang Rawan Kecelakaan, Wabup Akan Koordinasi dengan Camat
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Insiden kecelakaan kerja yang menewaskan buruh kumbung yakni Samsul Azmi (43) Dusun Gemulung, Desa Gesikharjo Kecamatan Palang, Selasa (20/12/16) menjadi pengingat bagi semua agar berhati-hati dalam bekerja.
 
Samsul Azmi, tertimpa reruntuhan langit-langit gunung kapur yang merupakan tempat  dia bekerja sebagai buruh kumbung, tepatnya di Desa Pucangan, Kecamatan Palang. Tubuhnya pun ditemukan keesokan harinya setelah tertimpa langit-langit seluas 4x5 meter dengan ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter.
 
Kejadian tersebut membuat Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein angkat bicara menanggapi kecelakaan kerja itu. Dia mengharap agar pihak kecamatan memberikan pembinaan kepada warganya yang bekerja di pertambangan setempat agar berhati-hati.
 
Sebab, kerap kali para buruh tambang itu mengabaikan keselamatan saat bekerja, hingga kecelakaan pun kerap mengintai nyawa mereka.
 
"Saya akan berkordinasi dengan semua camat, agar memberikan sosialisasi pembinaan terhadap warganya yang bekerja di pertambangan," ujar Noor Nahar kepada blokTuban.com
 
Pria yang kembali menjabat sebagai Wakil Bupati itu menjelaskan, sosialisasi penting dilakukan agar mengurangi risiko kecelakaan kerja. Para Penambang diharapkan lebih berhati-hati saat bekerja dan mengetahui risiko jika melakukan kelalaian.
 
"Sosialisasi penting untuk dilakukan, agar mereka (Penambang) lebih tertib dan memperhatikan keselamatannya dalam bekerja," tutur Wabup.
 
Dengan demikian, jika segala sesuatunya sudah dijalankan dengan baik, maka risiko kecelakaan kerja itu bisa diminimalisir. 
 
"Saya akan berkoordinasi dengan camat untuk melakukan sosialisasi keselamatan kerja di areal tambang wilayahnya masing-masing," pungkasnya.[nok/col]