Gatal dan Pegal Linu Banyak Dikeluhkan Warga Karangtinoto

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban nyaris tiap tahun mengalami banjir. Sebab itu, gangguan kesehatan kerap hadir bersamaan ketika banjir tiba.

Pada kegiatan pengobatan gratis oleh PWI menggandeng RS Muhammadiyah dan Polres Tuban tersebut cukup menyedot perhatian warga, Minggu (18/12/2016). Sekitar 250 warga setempat turut memanfaatkan fasilitas dan jasa pengobatan gratis ini.

"Rata-rata keluhan sakit kulit dan pegel linu karena banyak lansia," terang Direktur RS Muhammadiyah Tuban, Indah Kusuma Dewi.

Beberapa petugas medis turut melayani warga yang datang ke Balai Desa Karangtinoto, dimana lokasi pengobatan gratis dilakukan. Tiap warga yang datang diberikan kartu yang diisi masing-masing nama peserta yang hendak berobat.

Pertama oleh tim medis dilakukan pengecekkan tekanan atau tensi darah. Setelah itu keluhan warga diutarakan kepada tim medis lainnya yang kemudian obat-obatan yang dibutuhkan sesuai sakit yang diderita.

"Tadi diperiksa tensi darah oleh dokter 150 stabil," kata Harti (68) kepada blokTuban.com.

Harti (68) dan Sariem (63) saat ditemui di lokasi pengobatan, mereka tidak menyiakan adanya pengobatan gratis kali ini. Kendati banjir terjadi pada akhir November lalu hingga awal Desember ini masih menyisakan beberapa problem, seperti kesehatan warga.

"Kalau musim hujan sering kumat pegal linu dan gatal-gatal," ujar Sariem, menunjukkan betis kaki yang terdapat bekas garukan.[dwi/ito]