Prasasti Bertuliskan Suatu Anugerah Pemberian oleh Gagah Berani

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Proses penelitian yang dilakukan pada temuan prasasti di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban tahap awal telah dilakukan. Setelah dianalisis, prasasti berisi tentang pemberian anugrah oleh seseorang yang gagah berani.

Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko mengatakan, sudah sejak tahun lalu prasasti berbentuk batu padat tersebut diketahui. Namun adanya beberapa kendala hingga pada 2016 dilakukan pembalikan batu yang diketahui telah aus sebagian tulisannya. Melibatkan Komunitas Ronggolawe Creative Center (RCC) bersama komunitas pemerhati sejarah dan epigraf anlisapun dilakukan.

Pada salah satu sisi prasasti ditentukan tulisan dengan menggunakan huruf Jawa Kuno. Kalimat secara utuh terdiri dari tujuh hingga delapan baris. Namun lantaran dimakan usia, beberapa kalimat tersisa sepenggal dan terbaca lima atau enam baris.

"Pada laporan penelitian dikatakan yang sekarang dibaca adalah bagian belakang. Sedangkan bagian depan sudah aus," terang Hari kepada blokTuban.com.

Dari pembacaan baris ke 5 dan 6, kata Hari menyebut, pada tulisan prasasti bisa dianalisis jika  anugerah diberikan kepada tempat pemujaan yang lama. Penyebutan Talaga be Guti yang artinya telaga yang tidak jadi yang ukurannya sangat kecil. Pada kesimpulan penelitian kemungkinan merujuk kepada Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding atau yang biasa disebut Mbekti.

Prasasti menyebutkan, terdapat korelasi antara dua desa tersebut pada masa lalu. Dikatakan, besar kemungkinan dahulu Bektiharjo adalah sebuah daerah suci dengan keberadaan telaga yang biasanya digunakan untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah. Sedangkan Desa Prunggahan Wetan dahulunya mendapat anugrah sebagai tempat yang istimewa yang diperintahkan untuk tempat pemujaan yang lama.

"Kedepan masih akan diteliti lebih lanjut," tambanya. [dwi/rom]

Berikut hasil analisa tulisan pada prasasti:

Baris 1 : wa ha/ga ra/ri ..... pu.... la....(wa) ma (sa).......ma na......
Baris 2 : pa ta (ka) ri ra_wa pa h pa.... pa la dha (n).... wa (r) ga _ da...........
Baris 3 : la...... (wa) m pu..... ga du wa pa (sa)...... da.... (ka) ma pa ra ..... pa ja   la ka   
Baris 4 :  da wa ...... n/ka ja da......... ka ga na n sa wa ......
Baris 5 : Sagukana kabwan i patêgalan....
Baris 6: talaga be guti kang ka.... Magujuha... Shusrama na Anugrah kawulan malwas .... Kamahamuh wara wanwa ha....
Baris 5
Sagukana --> saguna --> utama, keutamaan
Kabwan --> kebun
i --> di
Patêgalan --> patêgalan --> tanah yang digunakan untuk tegal (ladang)
Baris 6
Talaga --> telaga
Be --> batal
Guti --> kecil sekali
Kang --> yang
Ka --> disana, itu
Magujuha --> perasaan suka, senang, bahagia
Shusrama --> berani, gagah
Na --> ada
Anugraha --> Anugrah
Kawulan --> tempat pemujaan, punden
Malwas --> malawas --> lama
Kamahamuh -->
Wara --> ucapan
Wanwa --> wangwa --> mawa --> menggunakan.