Demi Keluarga, Nelayan Tetap Melaut Meski Cuaca Buruk

Penulis: Muhamad Naim

blokTuban.com - Cuaca buruk yang terjadi di kawasan pantai utara Jawa dalam beberapa hari ini, tidak menyurutkan niat nelayan desa Karang Agung kecamatan Palang, untuk tetap melaut. Tinggi ombak yang mencapai satu hingga dua meter, tetap mereka terjang guna mencari rejeki di tengah laut.

Salah satunya Kusno Hadi (35), menyatakan bahwa cuaca seperti ini sudah sering dia hadapi, sehingga dia memutuskan tetap melaut agar bisa mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Cuaca seperti ini sudah biasa, lagi pula kalau tidak melaut tidak ada pemasukan buat memenuhi kebutuhan keluarga”, kata Kusno kepada blokTuban.com, Senin (12/12/2016).

Kusno juga menambahkan bahwa selama ombak masih di bawah dua meter, kebanyakan nelayan masih tetap melaut, akan tetapi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

“Karena perahu saya tidak terlalu besar, jadi biasanya hanya sampai dua hingga tiga kilo saja jaraknya, kalau perahu besar bisa lebih”, ujar Kusno

Hampir sama dengan Kusno, Sontol (45) juga tetap melaut meski suaca sedang tidak menentu. Dia beralasan bahwa dari kecil sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini, jadi hal ini bukan menjadi hambatan untuk tidak melaut.

“Jadi nelayan mulai usia 13 tahun, jadi sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini, tapi kalau sudah lebih dari dua meter, saya biasanya memilih untuk di rumah saja”, kata Sontol.

Dalam sepekan ke depan, ombak besar masih akan terjadi di wilayah pantai utara Jawa. Saat ini, ombak setinggi 1.25-2.50 m diperkirakan akan terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia. Dan pantai utara Jawa menjadi salah satunya. [aim/ito]

Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Unirow. Sekarang magang di www.blokTuban.com.