Jelang Pilkades, Aparat Mulai Digeser ke Desa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2016 Kabupaten Tuban sudah di depan mata. Sebanyak 36 desa di 16 kecamatan tengah bersiap melakukan pesta demokrasi tersebut. Untuk menjaga kondusifitas saat Pilkades berlangsung, sejumlah aparat kepolisian mulai ditempatkan di wilayah desa masing-masing.

"Kita mulai geser petugas untuk menempati wilayah di tiap-tiap desa yang menyelenggarakan Pilkades," kata Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, di Mapolres, Rabu (7/12/2016).

Kapolres kelahiran Makasar itu menjelaskan, ada 607 personel yang akan mengamankan TPS dan siaga desa. Rinciannya, anggota Polres Tuban 545 personel, dari BKO Lamongan 31 personel dan BKO Bojonegoro 31 personel. Sedangkan untuk tambahan 100 personel dari Brimob akan melakukan siaga Rayon.

"Kalau 607 personel akan dibagi sesuai dengan kebutuhan, tetapi untuk Brimob akan dibagi menjadi 3 rayon," terang Fadly.

Pria berpangkat dua melati di pundak itu juga berharap, agar anggota Polri yang bertugas mengamankan Pilkades bisa bersikap netral dan tidak condong terhadap salah satu calon, sehingga netralitas Polri tetap terjaga.

"Semoga Pilkades ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai tentunya. Sesuai dengan harapan kita bersama," pungkasnya.[nok/col]