Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sejumlah Petugas Gabungan melakukan apel pengamanan guna menciptakan situasi kondusif pada Pilkades Serentak 2016 Kabupaten Tuban. Apel yang dilakukan di Alun-Alun Kota Tuban, Senin (5/12/16) itu diikuti oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Linmas.

Untuk Petugas keamanan dari Polres Tuban terdapat sebanyak 634 personel yang disiagakan guna mengamankan Pilkades. Selain itu juga ada anggota Brimob sebanyak 100 personel, BKO Polres Lamongan 31 personel, BKO Polres Bojonegoro 31 personel, TNI sebanyak 226 personel dan Linmas 596 petugas.

Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad mengatakan, memang dalam rangka pengamanan Pilkades ini sejumlah aparat dikerahkan untuk menjaga kondusifitas saat Pilkades berlangsung.

Dalam apel, petugas gabungan juga melakukan sejumlah pengecekan barang-barang ataupun alat keamanan, serta melakukan simulasi penanganan saat kericuhan.

"Kita cek seluruh alat-alat kemanan dan melakukan simulasi penanganan saat kerusuhan berlangsung, hal itu tak lain adalah untuk mengukur kekuatan petugas saat Pilkades berlangsung," ujar Kapolres asal Makasar tersebut.

Selanjutnya, pria berpangkat dua melati di pundak itu menjelaskan, dari apel dan sejumlah pengecekan pihaknya memastikan siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades.

Fadly juga mengimbau agar posisi anggota Polri untuk tetap netral dan tidak condong pada salah satu calon saat Pilkades berlangsung. Sikap tersebut adalah untuk menunjukkan netralitas Polri.

Sebab, kehadiran petugas negara tak lain adalah untuk mengamankan situasi di daerah agar tetap kondusif dalam keadaan apapun.

"Polri-TNI, beserta instansi keamanan lainnya siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tuban," pungkasnya.[nok/col]