Tampilkan Produk Unggulan Lokal Masuki MEA

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah masuk hingga pelosok negeri, tidak terkecuali di Kabupaten Tuban yang notabene kota kecil di pinggiran Pantai Utara.

Beberapa langkah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, seperti menyelenggarakan pameran dagang dan pembangunan yang dimulai sejak 15-19 November 2016. Namun, event tahunan ajang promosi produk unggulan masih nampak ekslusif dengan menampilkan produk yang belum dapat diproduksi secara masif.

Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi menyampaikan, kegiatan pameran kali ini menjadi salah satu media komunikasi untuk kemudian dilakukan evaluasi. Produk unggulan yang ditampilkan diharapkan mampu membawa daya saing di tingkat nasional dan internasional dalam MEA kali ini.

"Adanya event pameran dagang dan pembangunan dapat menjadi bahan masukan serta meningkatkan produk unggulan lokal Tuban," terang Miyadi.

Sejak 2010 lalu, lanjut Miyadi, sebenarnya sudah ada perdagangan bebas dengan melibatkan enam negara se-ASEAN. Sekarang bergabungnya empat negara dan menjadi genap sepuluh negara ASEAN, persaingan pasar bebas tidak terelakkan. [dwi/rom]