Peminat KB Vasektomi di Bangilan Minim

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Para pria di Kecamatan Bangilan sampai sekarang belum tertarik mengikuti program Keluarga Berencana (KB) dengan vasektomi. Padahal, pemerintah sudah menganjurkan kepada laki-laki juga ikut KB. Realitasnya, hingga saat ini peminatnya masih kurang.

“Hingga bulan Oktober Metode Operasi Pria (MOP) belum ada sama sekali,” kata penyuluh KB Kecamatan Bangilan, Moch Effendi di kantornya.

Dikatakan, tidak saja wanita yang dianjurkan untuk ikut program KB, tapi juga pria. Seorang suami bisa melakukan metode KB jangka panjang (MKJP) dengan cara atau metode MOP. Program KB sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan peningkatan ekonomi keluarga di Kabupaten Tuban khususnya Kecamatan Bangilan.

Pihaknya melalui kader-kader di tingkat desa sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait KB vasektomi namun respon warga tentang itu masih minim.

“Sangat kami harapkan MKJP wanita maupun pria segera berjalan," pungkasnya.

Hingga akhir Oktober 2016, pencapaian komulatif peserta KB jenis MOW 17 orang. Sedangkan MOPnya belum ada sama sekali.[rof/col]