Bangun Citra Positif, Mahasiswa Bangilan Dirikan FKMB

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hati para kawula muda tergerak untuk lebih maju. Terutama para mahasiswa asal Tuban selatan yang menginginkan sebuah gebrakan baru untuk para pembaharu bangsa. Munculah sebuah gagasan perkumpulan mahasiswa dan pemuda dalam bentuk Forum Komunikasi Mahasiswa Bangilan atau sering disebut FKMB.

Salah satu mantan Ketua FKMB, Linda Tria Sumarno menceritakan, upaya untuk meningkatkan reputasi mahasiswa dan pemuda bangsa bisa dilakukan dengan cara membangun strategi branding kreativitas, menjalin sinergitas semua lapisan masyarakat, dan melahirkan sebuah ide-ide yang tertuang dalam aksi nyata.

FKMB lahir pada tahun 1996 yang diprakarsai oleh Ali Affandi. Kala itu ia merupakan bagian dari pemuda Bangilan yang mengenyam bangku perkuliahan di Yogyakarta.

FKMB sendiri adalah bentuk perkumpulan atau komunitas yang mampu menampung seluruh mahasiswa dan pemuda di Kecamatan Bangilan. Para anggota bebas berpikir secara aktif untuk saling bertukar ide dan pengalaman demi kemajuan Bangilan.

"Kegiatan FKMB lebih mengarah pada sisi sosial kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, budaya serta keagamaan," beber mantan Ketua FKMB periode 2004-2005 itu.

Wanita yang akrab disapa Linda itu menuturkan, FKMB lahir karena dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan dan kesadaran mahasiswa untuk berkreatifitas. Tekat yang kuat berharap mampu menciptakan dan mengembangkan karya yang inovatif dan kreatif. Selain itu FKMB juga harus mampu memberi kontribusi mengenai akses-akses atau informasi tentang pendidikan, advokasi masyarakat, keagamaan, dan kerja sosial.

"FKMB juga tiada henti berkontribusi dalam karya seni kepada anggota maupun masyarakat," tandasnya.

Banyak kegiatan yang dilakukan komunitas ini seperti memberi pencerahan-pencerahan lewat diskusi publik, bedah buku, pertunjukan seni, dan beberapa kegiatan bhakti sosial di masyarakat.

Dengan berbagai kegiatan itu, komunitas ini ingin menghidupkan kembali semangat berkarya, khususnya mereka yang pernah belajar di dalam maupun luar daerah Tuban. Ketika berada di Bangilan agar memberikan sentuhan pada masyarakat yang belum tersentuh oleh pemangku kebijakan.

"Harapan saya FKMB mampu memotivasi dan menginspirasi para pemuda Bangilan dan sekitarnya untuk berpikir produktif dan melahirkan kreatifitas-kreatifitas yang bermakna," pungkasnya. [rof/col]