Komunitas Ayam Jago Selogabus Banyak Nilai Positif dan Bersih Dari Judi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komunitas Ayam Jago Selogabus, di Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban merupakan salah satu komunitas yang menyediakan berbagai macam ayam, mulai dari ayam Bangkok, Ayam Tawa, Indukkan serta beberapa jenis ayam jago lainnya.

Dalam aktifitasnya selain bertukar pendapat dengan anggota yang lain, komunitas ini memiliki kesibukan-kesibukan lain yang sifatnya positif seperti halnya merawat ayam serta membuat sangkar untuk ayam.

"Kami basisnya adalah berternak ayam, selain itu basis kami juga melakukan penjualan ayam, dan perlengkapan-perlengkapan untuk ternak dengan cara dipamerkan di pinggir jalan raya," ungkap Sunandar saat ditemui blokTuban.com.

Dari pantauan blokTuban.com tempat dipamerkanya ayam milik para anggota komunitas tersebut berada di pinggir jalan raya Bojonegoro-Jatirogo. Di tempat terbuka tersebut tidak sedikit para pengguna jalan yang berhenti untuk membeli ayam.

Menurur Sunandar, saat ini cukup banyak para pembeli. Apalagi, bertepatan dengan bulan suro salah satu perguruan yang mendominasi di Kecamatan Parengan melakukan pengesahan dengan salah satu syarat yakni ayam jago.

"Di samping untuk penjualan secara individu itu sulit, komunitas kami melakukan penjualannya dengan bersama-sama selain mudah laku harga juga lumayan," sambungnya.

Masih menurut Sunandar, ia berharap komunitas ini semakin ramai lagi dan anggotanya semakin bertambah. Karena Komunitas Ayam Jago Selogabus ini banyak nilai positifnya, selain menjalin tali silaturahim juga bisa belajar berwirausaha.

Anggota yang lain, Yuli (28) mengungkapkan, dengan adanya komunitas ini setiap anggota yang telah berhasil menjual ayamnya bisa berkontribusi dengan menyumbang uang hasil penjualan se khlasnya untuk uang kas komunitas.

"Uang kas ini nantinya untuk menunjang sarana prasarana tempat memamerkan ayam," pungkasnya.[hud/col]