18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |   15:00 . Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng   |   14:00 . Bantuan Sembako untuk 3.256 KPM di Kecamatan Kerek Dicek Ketat   |   11:00 . Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelajah Tuban

Segarnya Air Pekuwon Hingga ke Rumah-Rumah

bloktuban.com | Saturday, 01 October 2016 12:00

Segarnya Air Pekuwon Hingga ke Rumah-Rumah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sumber air alami dari dataran tinggi Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban menjadi anugerah tak terkira. Sejauh ini, air dari irigasi disalurkan melalui pipa-pipa paralon ke rumah-rumah warga setempat.

Sudah beberapa tahun berjalan, masyarakat setempat menikmati air bersih yang dikelola kelompok masyarakat sendiri. Melalui pipa dengan panjang puluhan meter masuk ke penampungan air warga. Maka nikmat menjadi warga Pekuwon mana yang di dustakan? Begitu kiranya selogan masyarakat setempat.

[Baca juga:  Nikmati Keindahan Waduk Ngerong di Dataran Tinggi Pekuwon ]

Salah seorang warga, Tikno mengatakan terdapat beberapa kelompok yang mengelola langsung air tersebut. Dalam satu kelompok, bisa jadi terdiri dari ratusan orang.

"Tidak jarang satu kelompok berisi 125 anggota," kata Tikno kepada blokTuban.com.

Memasuki kawasan menanjak Desa Pekuwon, pada selokan kanan kiri jalan terdapat pipa panjang menuju tiap-tiap rumah. Saat blokTuban tiba di sumber air, benar rupanya terdapat pipa berukuran sedang yang semakin kebawah menjadi bercabang ke pipa berdiameter kecil memanjang.

Sementara itu, Kepala Desa setempat, Tutik mengungkapkan hal serupa. Air disalurkan ke rumah penduduk yang kemudian dimanfaatkan memenuhi kebutuhan rumah tangga, yakni digunakan sebagai air minum, masak dan mandi.

"Biaya didapat murni dari swadaya anggota," kata Tutuik kepada blokTuban.com.

Dalam setiap bulan iuran wajib dikenakan Rp15.000 pada masing-masing anggota kelompok. Iuran tersebut nantinya digunakan kembali sebagai biaya operasional.

Pada hulu sumber air, yang sudah mendapat beberapa sentuhan pembangunan menyimpan potensi dijadikannya destinasi atau tujuan wisata lokal. Terdapat kolam atau mayarakat menyebutnya Waduk Ngerong cukup bersar yang menurut beberapa informasi telah diterbar beberapa bibit ikan.

"Kami (Pemerintah Desa Pekuwon, red) melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa sudah mengusulkan ke Dinas Perekonomian dan Pariwisata namun masih belum ada jawaban," terang Tutik menambahkan.

Wisata Waduk Ngerong, lanjut Tutik cukup potensial kedepannya. Ia menyebutkan beberapa pilihan wisata diantaranya dibentukknya kolam pemancingan dan dibuatkan perahu kayu di tengah waduk.[dwi/ito]

Tag : pekuwon, rengel, air, minum

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more