Lomba Memindah Belut, Meriahkan Ujung Bulan Agustus

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski sudah berada diujung bulan Agustus, namun perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-71 masih dirayakan dengan meriah diberbagai tempat tak terkecuali di desa yang jauh dari perkotaan. Seperti halnya di Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang menggelar berbagai perlombaan di pengujung bulan ini.

Salah satu perlombaan yang digelar di desa yang mempunyai dua dusun tersebut adalah Lomba memindahkan belut. Lomba yang diikuti dari berbagai lapisan masyarakat khususnya kaum hawa itu sangat menarik sekaligus mengundang banyak tawaan warga sekitar.

Dalam perlombaan ini kelompok peserta yang terdiri dari tiga orang itu harus memindahkan belut dari bak yang berada di start dipindahkan ke bak yang berada di finish dengan tangan kosong. Tak pelak para peserta pun kesulitan saat memegang jenis hewan yang berkulit licin tersebut.

"Setiap permainan ada durasi waktunya, siapa yang paling banyak berhasil memindahkan belut berarti kelompok peserta tersebut menang," kata salah satu panitia perlombaan di Desa Hargoretno M. Mutasir, Selasa (30/8/2016).

Pantauan blokTuban.com saat pluit ditiup para peserta pun harus berlari cepat, karena jarak antara bak yang satu dengan bak yang satunya lagi sekitar 16 meter, mereka harus kompak dalam bekerja sama.

Salah satu peserta Luluk (20) mengaku sangat senang ikut dalam perlombaan memindah belut ini meski perlombaan begitu sulit, "Seru mas, sesama kelompok harus kompak apabila ingin menang," pungkas Luluk. [hud/col]