20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kholip, Tujuh Tahun Produksi Marning Jatirogo

bloktuban.com | Friday, 08 July 2016 23:00

Kholip, Tujuh Tahun Produksi Marning Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Marning Jatirogo, begitu biasa masyarakat Tuban menyebut. Jenis makanan ringan dengan bahan dasar jagung ini, merupakan salah satu camilan khas dan andalan di Kabupaten Tuban. Rasanya yang gurih dan awet renyahnya, makanan berbahan jagung ini bisa jadi pilihan oleh-oleh saat singgah di Bumi Wali.

Disebut Marning Jatirogo, karena sentral pembuatan camilan ini ada di Kecamatan Jatirogo. Cita rasa marning dari tempat inipun, sangat berbeda dibandingkan dengan produksi marning dari tempat lain. Salah satu sentral produksi marning yang terkenal di kecamatan ini ada di Desa Sadang.

Salah satu pembuat makanan ringan ini adalah Kholip. Sehari-hari pria ini berperan sebagai pembuat marning di Desa Sadang ini. Untuk penjualan adalah tugas istrinya. “Setiap hari aktivitas saya ya di dapur seperti ini,” ungkap pria yang lahir 33 tahun silam ini.

Dia menjelaskan, anggota keluaraga sudah punya pos pekerjaan sendiri. Dia sudah terbiasa bekerja seharian bergelut dengan panasnya api penggorengan marning.

“Untuk proses penggorengan saya mulai bekerja pukul 06.30 dan beristirahat saat waktu shalat Duhur. Kemudian lanjut lagi sampai pukul 21.00 WIB,” jelasnya kepada blokTuban.com.

Saking terkenal karena gurihnya, makanan tradisional karya tangan dinginnya ini bahkan bisa mendatangkan omset antara 2 sampai 3 juta perbulan baginya. Pemasarannya pun, tembus tidak hanya di Kecamatan Jatirogo dan wilayah lain di Tuban, tetapi sampai di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan kabupaten tetangga yang lain.

Harga jual marning tergolong murah, yaitu konsumen bisa mendapatkan dengan harga dari tempat produksi langsung dengan harga Rp13.000 perkilogram. Menjadikannya semakin laris manis di pasaran. “Untuk pemasaran sehari-hari Istri saya menjajakan marning buatan saya di pasar Jenu Tuban. Selain dijual sendiri juga di ambil oleh tengkulak untuk dijual lagi diwilayah Tuban,” imbuhnya.

Bahan yang melimpah membuatnya masih mempertahankan usahanya hingga saat ini. Semua bahan bisa ia dapatkan di pasar Jatirogo dekat rumahnya. "Bahan-bahannya bisa dibilang simpel, cukup menyediakan jagung putih sebagai bahan dasar pembuatan serta bawang, penyedap rasa, garam, minyak goreng dan yang terpenting batu kapur gamping," tutur produsen marning, yang sudah bejalan 7 tahun ini.

Tidak puas berhenti disitu. Melihat usahanya yang semakin maju pesat ia berusaha mengembangkan usahanya lagi. Dengan di bantu keluarga dan juga kerabat, bapak satu anak ini mulai membuat berbagai jenis keripik. “Dibantu kakak perempuan saya, saat ini saya menambah produksi makanan ringan berupa keripik ubi jalar dan keripik pisang,” pungkasnya.[rof/ito]

Tag : marning, jatirogo, produksi, sentra



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat