Harga Beli Ikan Naik, Pedagang Ikan Asap Tak Naikkan Harga

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Meski harga beli ikan naik, namun pedagang ikan asap di Kelurahan Karangsari, Tuban memilih tak menaikkan harga. Pilihan tersebut dilakukan untuk menjaga minat beli dari pembeli ikan asap agar tidak merasa harga jual ikan mahal, sehingga pembeli masih bisa menjangkau harganya.

Salah seorang pedagang ikan asap, Marsini, mengatakan harga ikan memang mengalami kenaikan. Lonjakan harga tersebut berlaku untuk semua jenis ikan, baik dorang, tuna, dan tongkol. Meski harga ikan naik tetapi dia memilih untuk menggunakan harga lama untuk mempertahankan pembeli atau konsumen.

"Kenaikan harga beli ikan berkisar Rp10.000 per kilogramnya, dari harga beli Rp10.000 menjadi Rp20.000. Harga jual masih tetap tidak naik," ujar Marsini kepada blokTuban.com, Minggu, (3/7/2016)

Sementara itu Pedagang ikan asap lainnya juga mengatakan hal senada, Murtiah misalnya, perempuan yang sehari-harinya menjual ikan asap ini mengakui kenaikan harga beli ikan. Dia membeli ikan dari para bakul baik dari lokal ataupun luar daerah, rata-rata kenaikannya sama yaitu berkisar Rp10.000 perkilogramnya.

"Harga beli ikan naik 10 ribu, namun untuk harga jual ikan asap saya memilih tidak menaikkan karena takut tidak ada pembeli akibat merasa harga ikan merangkak naik," pungkasnya.[nok/col]