Antisipasi Lonjakkan Penukaran Uang Kecil, Perbankan Lakukan Hal Berikut

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Lonjakan penukaran sejumlah uang kecil menjelang lenaran kerap menimbulkan antrean yang bejubel. Sebab itu sejumlah perbankan menyiapkan beberapa antisipasi terjadinya lonjakkan penukaran uang kecil.

Head Teller Bank Mandiri, M Hafidz Nurrahman mengatakan antisipasi lonjakkan penukaran uang kecil sudah menjadi kesepakatan bank pemerintah yakni menerapkan bebertapa pembatasan. Pembatasan ini dilakukan tidak lain untuk kelancaran dan kenyamanan penukar uang.

"Jadwal penukaran uang kecil dilakukan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis dari pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB," kata Hafids kepada blokTuban.com.

Jadwal penukaran sengaja dilakukan pada waktu dan jam tertentu, lanjut Hafidz. Sebab, dikhawatirkan dapat menghambat kinerja di waktu kerja aktif.

Hal serupa diungkapkan Peyelia Teller Bank Negara Indonesia (BNI), Dhanang Bagus A pembatasan penukaran uang kecil serupa akan siterapkan pada bank tempat ia bekerja.

"Jasa penukaran uang kecil diberikan fasilitas loket khusus. selain itu, penukaran uang kecil hanya dibatasi dua bandel dan nasabah bank bersangkutan saja," kata Dhanang saat ditemui blokTuban.com.

Jumlah pecahan tidak dibatasi, masih kata Dhanang, hanya saja tidak boleh lebih dari dua bandel. Lantaran, pelayanan penukaran uang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah bersangkutan.[dwi/ito]