HAS 2016 KMI Assalam Siap Digelar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Persiapan Haflah Akhirussanah (HAS) kelas VI (enam) Kulliyyatul Mu'allimin wal Mu'allimat Al Islamiyah (KMI) Assalam 2016, di pondok Pesantren Assalam Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, sudah tampak siap 99%. Dengan panggung yang istimewa dengan latar belakang 3 Dimensi menambah kemegahannya.

Goresan tangan kreatif para santri, menunjukkan bahwa KMI Assalam adalah gudangnya ilmu. Santri tak hanya belajar kitab, akan tetapi juga ditempa dengan pendidikan umum, Organisasi, Seni, dan juga ilmu Kemasyarakatan.

HAS ini merupakan kegiatan rutinan akhir tahun Pondok Pesantren Assalam. Acara tasyakuran ini digelar dalam rangka Wisuda Santriwan Santriwati kelas VI, yang telah menyelesaikan studinya.

Puncak HAS akan dilaksanakan nanti malam, Selasa (31/5/2016). "Acara malam ini kami mengundang sekitar 5000 undangan. Kemungkinanan yang datang bisa lebih," ujar M. Nur Afafi, ketua panitia HAS 2016.

Lanjut Afi sapaan akrabnya, untuk pengajian umum akan disampaikan KH. Abdul Wahid dari Pati, Jawa Tengah. Puncak HAS juga rencananya akan dihadiri para ulama' dan kiyai, antara lain KH. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan pondok Modern Gontor, KH. Hasyim Muzadi, Penasehat Presiden RI, KH. Fathul Huda, Bupati Tuban, dan Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) cabang Tuban dan Bojonegoro.

"Acara HAS tahun ini mengambil tema Gelora Himmah KMI Assalam Menukikkan Hasrat Menuju Terciptanya Peradaban Islami," terang santri kelas V, kepada blokTuban.com, Selasa (31/5/2016).

Haflah Akhirussanah merupakan acara yang paling dinantikan oleh santri dan juga para Alumni. Acara tersebut merupakan puncak kegiatan akhir tahun di pondok pesantren, termasuk di KMI Assalam. Oleh karena itu, para santri pun mempersiapkan secara matang dan mendetail untuk acara tahunan mereka.

"Gladi kotor para wisudawan sudah mulai tanggal 29 Mei kemarin, dan hari ini terakhir. Semua isi acara pun sudah siap," jelas Ustadzah Hj. Noor Anim Suryawati, selaku pembina utama.

Beliau menandaskan, tidak hanya santri akhir saja yang sibuk mempersiapkan acara. Tetapi segenap warga Pondok Pesantren Assalam juga ikut serta mempersiapkan acara HAS.

"Kami hanya sebagai motivator saja. Semua yang disuguhkan beberapa jam yang akan datang, murni kreativitas para santri," imbuh putri Abah Moehaimin Tamam, pendiri Pondok Pesantern Assalam.

Informasi yang diterima blokTuban.com di lapangan, Acara akan dimulai pukul 18.00 WIB sampai selesai. Yang dimeriahkan Expose Santri, Kolaborasi seni, dan Marching Band. [rof/rom]