Manfaatkan Air Melimpah, Petani Dilatih Budidaya Lele

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Meningkatkan produksi budidaya ikan lele, guna mengembangkan usaha, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban menggelar pelatihan sekaligus pembinaan petani lele, Kamis (12/5/2016).

Kegiatan ini dilaksanakan di balai benih ikan (BBI) yang bertempat di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Agar hasil produksi ikan lele di Tuban berkulitas tinggi, materi yang disampaikan dalam sosialisasi dan pelatihan meliputi pembinaan peningkatan mutu dan pemasaran hasil perikanan, serta pembuatan pakan berbahan alami.

Menurut salah satu perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Yuni mengatakan, bahwa yang sering menjadi kendala dalam budidaya ikan adalah pakan.

"Untuk mengatasi masalah pakan diharapkan masyarakat memanfaatkan bahan alami, selain menggunakan pakan dari pabrik," tuturnya saat mengisi acara pembinaan.

Di wilayah Tuban selatan, merupakan daerah yang bisa dikatakan potensial untuk bududaya ikan tawar. Air yang berlimpah, kata Yuni, sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan, salah satunya dengan budidaya ikan.

"Ternak lele bisa jadi sumber pangan. Jika hasilnya bagus dan mampu dipasarkan kepada masyarakat luas, tentu sangat menguntungkan," pungkasnya. [rof/rom]