Tidak Semua Sekolah Laksanakan UNBK

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan suatu inovasi baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dimulai sejak tahun 2014 untuk dilakukan bagi siswa yang berada diluar Negeri hingga pada tahun 2015 mulai dilaksanakan secara bertahap di dalam Negeri. Pada tahun 2016 ini hampir semua kabupaten atau kota melaksanakan ujian berbasis tekonologi tersebut. Namun perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan UNBK tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit sehingga tidak semua sekolah bisa melaksanakannya.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Tuban, disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan, tidak semua sekolah di Tuban melaksanakan UNBK, sebab biaya UNBK itu sangat mahal karena berkaitan dengan teknologi komputer, hanya ada beberapa saja yang melaksanakannya.

"SMPN 1 dan SMPN 3 Tuban melaksanakan UNBK, untuk tingkat SMA hanya SMAN 1 Tuban, dan untuk SMKN semuanya melaksanakannya," Kata Sutrisno kepada blokTuban.com

Selanjutnya, mantan kepala sekolah SMAN 1 Tuban tersebut juga memaparkan, UNBK ini memang secara perkembangannya sangat bagus, karena mengajari siswa untuk lebih mengenal teknologi sehingga bisa membuat para peserta didik tidak gagap teknologi (Gaptek) dalam dunia informasi.

"Untuk saat ini UNBK belum bisa dilaksanakan secara menyeluruh, masalahnya ya tentang biaya yang mahal," pungkas Sutrisno.[nok/ito]